Minggu, 07 Juli 2013

Contoh Proposal Usaha


PROPOSAL USAHA
SOUP KELAPA PELANGI
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Kewirausahaan
Disusun oleh:
Annisa Siti Rohmah
XI Pemasaran 1

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 BALEENDAH
Jl.Adipati Agung No.34 Telp.022-5944735 Baleendah Bandung
TAHUN AJARAN 2012-2013

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah dan karunianya kepada penyusun, sehingga penyusun dapat menyelesaikan proposal membuka usaha penjualan yaitu “Soup Kelapa Pelangi” ini dengan baik dan lancar.
Dalam pembuatan laporan ini penyusun telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, maka dari itu penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: 
1.      Ibu Sri Rahayu selaku guru mata pelajaran yang bersangkutan,
2.      Orangtua yang telah mendukung pembuatan laporan ini,
3.      Teman – teman yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini.
Laporan ini saya sajikan sesuai ketentuan yang telah ditentukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Laporan ini disajikan untuk bahan pembelajaran. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat dalam bahan pembelajaran untuk kedepannya.
Akhirnya, saran dan kritik dari semua pihak sangat saya harapkan demi kesempurnaan dalam pembuatan laporan kedepannya.
Bandung,  Mei 2013
Penyusun        
DAFTAR ISI
JUDUL HALAMAN.............................................................................     1
KATA PENGANTAR..........................................................................     2
DAFTAR ISI..........................................................................................     3
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG....................................................................     5
B.     VISI USAHA....................................................................................     6
C.    MISI USAHA...................................................................................     6
BAB II ANALISIS PELUANG USAHA
A.    ANALISIS PELUANG USAHA
1.      Strength......................................................................................     7
2.      Weakness ...................................................................................     7
3.      Opportunity................................................................................     7
4.      Threats........................................................................................     7
                                                                                                     
B.     MARKETING MIX
1.      Segmentasi Pasar.......................................................................     8
2.      Target Pasar...............................................................................     8
3.      Positioning..................................................................................     8
a)      Product.................................................................................     8
b)     Price......................................................................................     8
c)      Place......................................................................................     9
d)     Promotion.............................................................................     9

C.    PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL......................   10
BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN................................................................................   12
B.     SARAN.............................................................................................   12









BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simple dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan hidangan makanan maupun minuman. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal.
Dengan mengangkat potensi produk lokal yang mudah, murah dan digemari masyarakat. Dari pemikiran inilah ide untuk membuat bisnis “Soup Kelapa Pelangi” muncul. Dalam memulai usaha, penyusun mencari dahulu peluang pasar. Tujuan utama dari bisnis ini adalah bukan untuk mencari uang tetapi hal lain, uang akan datang sebagai konsekuensi logis, bukan tujuan utama. Jadi kita membuat bisnis yang kita sukai, maka itulah sukses. Bisnis tidak menjadi beban, tetapi menjadi hal yang menyenangkan. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal dari pada gagal mencoba.



B.     Visi
Menjadikan usaha ‘Soup Kelapa Pelangi” terbesar, terlaris, dan digemari masyarakat.

C.    Misi
1.      Memperkenalkan hidangan kuliner terbaru.
2.      Memajukan usaha dengan membantu meningkatkan point of selling dan profit secara berkesinambungan.
3.      Menyediakan produk yang halal, inovatif, dan berkualitas dengan harga terjangkau sebagai bentuk pelayanan terhadap konsumen.
4.      Menjadi mitra masyarakat untuk belajar wirausaha dan berbisnis.








BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA
A.    Analisis Peluang Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menganalisa peluang usaha atau dengan menggunakan:
Analisis SWOT
1.      Strenght (kekuatan)
Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, dan proses pembuatannya sangat mudah.
2.      Weakness (kelemahan)
Tidak bisa di awetkan terlalu lama (cepat basi) karena tanpa pengawet dan pemanis buatan.
3.      Opportunity (peluang)
a)      Pelung usaha produk ini sangat tinggi karena produk ini belum pernah ada yang buat.
b)      Harga yang kami tawarkan cukup murah dan terjangkau.
4.      Threat (ancaman)
a)      Jika ada saingan yang menjiplak usaha ini (plagiat).
b)      Jika terjadi kecelakaan pada produksi usaha ini.


B.     Marketing Mix
1.      Segmentasi Pasar
Yang menjadi segmentasi konsumen atau pelanggan dari “Soup Kelapa Pelangi” ini adalah pecinta minuman segar mulai dari anak kecil, dewasa, maupun orangtua. Bukan hanya kalangan ekonomi bawah, ekonomi menengah, dan atas juga dapat menikmati jajanan “Soup Kelapa Pelangi”.
2.      Target Pasar
Minuman ini akan dijual di daerah Baleendah karena di Baleendah belum ada yang berjualan “Soup Kelapa Pelangi” di sekolah-sekolah terutama di SMKN 3 Baleendah.
3.      Positioning
a)      Product (produk)
Kelapa adalah buah yang mengandung mineral yang tinggi dan antioksidan. Selain itu kelapa juga dapat menambah ion tubuh manusia sehingga tidak akan kekurangan cairan. Pembuatan “Soup Kelapa Pelangi” dimulai dari kelapa yang di serut, lalu di campur berbagai buah-buahan lainnya, dan di campur air minuman Pepsi yang di beri air gula dan susu.
b)      Price (harga)
Harga yang di tawarkan sangat kompetitif dan bersaing, maka dengan itu penetapan harga harus di sesuaikan dengan harga umum yaitu Rp 3.500.-
c)      Promotion (promosi)
Target dari usaha ini adalah semua kalangan usia mulai dari anak kecil, para remaja, dan para orangtua. Promosi dilakukan dengan cara menyeberkan brosur, pamflet, dan kartu nama.
d)     Place (tempat)
Laku atau tidaknya usaha ini sangat tergantung dalam pemilihan lokasi usaha tersebut. Memiliki lokasi yang memiliki daya beli cukup dan sesuai dengan segmen yang di tuju sangat mendongkrak penjualan usaha tersebut. Oleh karena itu, usaha ini sangat cocok didirikan di lokasi atau tempat keramaian seperti lingkungan SMKN 3 Baleendah.











C.    Perhitungan modal dan harga jual
1.      Modal untuk produksi 50 cup Soup Kelapa Pelangi
a)      Kelapa muda                                                   Rp  15.000,-
b)      Gula putih                                                       Rp  12.000,-
c)      Susu cair                                                          Rp  15.000,-
d)     Semangka                                                        Rp  20.000,-
e)      Melon                                                              Rp  18.000,-
f)       Nanas                                                              Rp  14.000,-
g)      Pepsi                                                                Rp  24.000,-
h)      Cup                                                                 Rp  30.000,-
i)        Sendok                                                            Rp    6.000,-
j)        Biaya tenaga kerja                                           Rp   10.000,- +
Rp 164.000,-

2.      Metode Penetapan Harga Biaya Plus
Biaya 50 cup, dengan keuntungan 20%
a)      Bahan baku                                                     Rp154.000,-
b)      Biaya tenaga kerja                                           Rp  10.000,- +
      Jumlah                                                             Rp164.000,-



Maka:
      Rp 164.000 + (20% x 164.000 ) =  Rp 196.800,-
      Rp 164.000 : 50 =  Rp 3.280,-
Jadi, harga yang akan di jual per Cup adalah Rp 3.500,-

3.      Analisis usaha
= 50cup/hari x Rp 3.500,-
= Rp 175.000,-
= Rp 175.000,- x 30 hari
= Rp 5.250.000/bulan











BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
Simpulan dari proposal ini adalah kita dapat membuat usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar, jika kita bisa menggunakan modal tersebut dengan baik dan kita dapat memutarkan kembali uang yang kita peroleh sebagai modal usaha.

B.     Saran
Dalam memulai usaha yang baik dan sukses kita harus mengetahui peluang usaha yang akan kita mulai, dengan kita mengetahui peluang usaha yang akan muncul maka kita akan mengetahui langkah-langkah yang harus di tempuh dalam memulai usaha tersebut.

7 komentar:

  1. artikelnya bermanfaat kak, proposalnya bisa membantu pembaca yang sedang belajar pemasaran
    Aplikasi Kasir dan Stok Barang

    BalasHapus
  2. saya juga seorang pengusaha yang mampu menghidupkan kembali bisnis kayu sekarat melalui bantuan dewa yang dikirim pemberi pinjaman yang dikenal sebagai benjamin lee konsultan pinjaman. saya penduduk di yekaterinburg екатеринбург. baik Anda mencoba untuk memulai bisnis, melunasi hutang Anda, memperluas yang sudah ada, butuh uang untuk membeli persediaan. apakah Anda mengalami masalah dalam mencoba mendapatkan fasilitas kredit yang baik, saya ingin Anda tahu bahwa mr benjamin akan membantu Anda. apakah ini tempat yang tepat bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda karena saya adalah kesaksian hidup dan saya tidak bisa menyimpan ini untuk diri saya sendiri ketika orang lain mencari cara untuk diangkat secara finansial.. saya ingin Anda semua menghubungi tuhan ini mengirim pemberi pinjaman menggunakan perincian sebagaimana dinyatakan untuk menjadi bagian dari peluang besar ini email: 247officedept@gmail.com atau whatsapp/text +1-989-394-3740.

    BalasHapus